Press "Enter" to skip to content

Tebar Virus #safetymind dan #safetyriding

Seminggu lalu saya berkesempatan mengikuti Safety Riding Education. Senang banget soalnya sadar diri kan, kalo dalam berkendara saya ini masih cupu dan cemen banget. Apalagi dapat info kalo selain dilatih kelihaian berkendara, juga ada edukasi soal safety riding nya, dan bisa test drive sepeda motor kece keluaran Yamaha yang selama ini cuma saya pandangi di jalanan.

Pelatihan safety riding ini diisi oleh Yamaha Riding Academy Jogja, organisasi di bawah YRA Indonesia dan dibawah naungan PT Yamaha Indonesia. Fokus YRA adalah edukasi keamanan berkendara. Dan untuk pelatihan serta sosialisasi safety riding, YRA memiliki instruktur-instruktur bersertifikat dan ahli di bidangnya. Tentunya dengan mengikuti kegiatan ini, saya belajar pada tempat dan instruktur yang tepat ya, kan?

pengarahan sebelum praktek
ini bukan disetrap, tapi pengarahan sebelum praktek

Sepeda motor sudah jadi kendaraan yang paling akrab dengan saya. Baik untuk transportasi sehari-hari seperti kerja dan kuliah. Pun transportasi sesekali untuk ke pasar, atau plesir. Sepeda motor memang kendaraan paling mudah, praktis dan gak bikin kantong jebol. Tidak heran pada suatu kesempatan saya main ke salah satu dealer sepeda motor, menurut Sales Team Leader dalam sebulan tidak kurang dari 200 unit sepeda motor terjual.

Sayangnya, tingginya pengguna sepeda motor, tidak dibarengi dengan pengetahuan tentang keamanan berkendara. Saya sih gak tau ya berapa prosentase pengguna sepeda motor dengan SIM instan dibanding seluruh SIM yang beredar. Tapi berdasar data statistic, tingginya penjualan sepeda motor, nyatanya turut tinggi juga kecelakaan lalu lintas. Parahnya lagi 84% penyebab kecelakaan adalah factor manusia, perilaku tidak tertib saat berkendara salah satunya.

 

Secara umum, ada 3 penyebab utama kecelakaan lalu lintas:

  1. Faktor manusia
  2. Kondisi Kendaraan
  3. Kondisi Jalan

Kalau dilihat dari ketiga factor di atas, Faktor manusia lah yang paling berpengaruh. Kondisi jalan yang buruk, tidak akan menjadi sebab kecelakaan jika si pengendara berhati-hati dan lihai. Kondisi kendaraan yang kurang sehat, jika lebih awal diketahui pengendara, akan meminimalisir kemungkinan kecelakaan. Untuk itu perlu banget setiap biker mengenali kemampuan pribadinya dan peduli pada keamanan berkendara. Termasuk juga kenali saat saat boleh nyalip dan sadar kalau nyalip di tikungan alias Nikung hukumnya haram. Kenali juga kapan harus pasang lampu sign kanan dan kiri, jangan sampai terbalik.

perlengkapan sesuai standar keamanan
perlengkapan sesuai standar keamanan

Selain belajar melalui teori dan simulasi in class, kami juga mencoba langsung berkendara dengan berbagai pilihan sepeda motor Yamaha. Sebelumnya Instruktur memperagakan berbagai track seperti cinbori, slalome, dan masih macem macem lagi. Setelahnya, kami kami para biker ini yang menjajal dengan menggunakan sepeda motor pilihan masing masing. Saya sendiri walaupun gagap matic, tapi tetep maksa buat nyobain NMAX dan Alhamdulillah lancar dan tak lecet sedikitpun. Jadi tau juga kalo walaupun keliatannya berbadan besar, NMAX ini ringan dan enak banget dikendarai. Bahkan oleh biker gagap matic seperti saya. Sayangnya saya gak sempet ikutan lomba gymkhana yang berhadiah helm kece impian semua biker. Hiks.

selesai praktek teknik pengereman. poto by. @imasatrianto
selesai praktek teknik pengereman. poto by. @imasatrianto

Sebenarnya masih amat sangan banyak lagi keseruan dan pelajaran penting dari Safety Riding Education oleh YRA Jogja ini. Biar lebih gampang tracking cerita lengkapnya dari berbagai pengkicau di twitter, pantengin aja hestek #SREbloggervlogger yang terus nyebarin virus virus #safetymind dan #safetyriding.

 

13 Comments

  1. Elzha Elzha Desember 4, 2016

    Selama ini aku juga parno naik nmax, padahal tiap hari minggu ketemu dan dipersilakan naik. Tapi baru kucoba untuk gymkhana waktu bareng kalian itu, dan ternyata emang nyaman. Hihi

    • aqied aqied Post author | Desember 4, 2016

      ngeliat body nya yang guede dan matic gitu udah bikin parno. padahal enak ya, paling cari parkir nya aja yang agak susah nyelip nyelip

  2. Yugo Yugo Desember 4, 2016

    Jadi, udah oake helm yang gede itu belum sekarang ini? ?

    • aqied aqied Post author | Desember 4, 2016

      kagak menang kak, bhkan gak ikutan lombanya. jadi gak dapet helm gede deh

  3. Via Via Desember 7, 2016

    Sebelum start aja uda mau ambruk nmax nya. Wkwkkw

    • aqied aqied Post author | Desember 12, 2016

      aku cuma kebagian riding sekali, jadi ya sengaja pake nmax

  4. tom tom Desember 7, 2016

    Jadi kangen naik NMAX lagi :3 Dulu pas belum ngehits seperti sekarang, udah nyobain punya temen. Dan super enak!

    • aqied aqied Post author | Desember 12, 2016

      beli, kaaak, beliiii!!!!!

  5. Minyak Buah Merah Minyak Buah Merah Desember 8, 2016

    keren banget, memang yang namanya Yamaha itu selalu terdepan yah, keren abis deh

    • aqied aqied Post author | Desember 12, 2016

      semakin di depaan

  6. Indah fajarwati Indah fajarwati Desember 9, 2016

    Wah kalo aku naik nmax gimna ya .. kayaknya kegedean motornya dr pada orangnya

    • aqied aqied Post author | Desember 12, 2016

      gede dan gendut banget sih emang

  7. Buah Merah Papua Buah Merah Papua Desember 10, 2016

    Banyak yang bilang kalo Yamaha itu boros bahan bakar, tapi bagi saya enggak, hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.